Mengenal Perbedaan Mitsubishi Colt Diesel Engkel, Tronton, Tritin dan Trinton

Setelah kemarin kita bahas sejarah tentang truk kepala kuning jagoan angkut segala medan (baca: https://www.mobil-mitsubishi.com/article/mengenal-mitsubsihi-truk-canter-atau-mitsubishi-colt-diesel) maka kali ini kita akan bahas tentang perbedaan antara truk engkel, tritin, dan tronton.

Daftar isi:

  1. Pendahuluan
  2. Engkel
  3. Tronton
  4. Tritin
  5. Trinton


Pendahuluan

Tahukah anda perbedaan tipe truk engkel, tronton, trintin dan trinton? Truk sering dijumpai di jalan sebagai angkutan. Ukuran truknya juga berbeda. Namun, ternyata semua jenis truk punya nama, bukan hanya ukurannya. Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Provinsi Jawa Tengah dan Wakil Ketua Kota DI Yogyakarta Bambang Widjanarko mengatakan nama truk tersebut berdasarkan konfigurasi ban, yakni engkel, tronton, trintin dan trinton.

"Sesuai design term Kementerian Perhubungan, 1,1 artinya ada dua ban pada satu gardan. Kemudian 2,2 berarti ada empat ban pada satu gardan," kata Bambang kepada Kompas, Senin (14/9/2020). berkata. Untuk jenis truk yang pertama, yang terkecil adalah engkel truk.

Engkel

Truk tipe ini memiliki konfigurasi 1.1 dan 2.2. Sehingga jumlah ban untuk truk engkel adalah 6 buah ban. Berat diperkirakan sekitar 9 sampai 10 ton.

Tronton

 Kemudian truk tronton punya konfigurasi 1.1, 2.2, 2.2. Banbang bilang: Poros tengah dekat dengan gardan belakang. Truk tronton memiliki 10 ban dan diperkirakan memiliki berat 11 hingga 12 ton.

Untuk pembelian Mitsubishi Canter Surabaya silahkan hubungi Lyla Mitsubishi, sales Resmi Mitsubishi Surabaya Sun Star Motor Ngagel di 0813-3272-5553

Tritin

Lalu ada yang disebut Trintin, yang memiliki tiga sumbu seperti tronton, namun sumbu tengahnya lebih dekat dengan sumbu depan. Jika konfigurasi Trintin 1.1, 1.1, 2.2, ia memiliki roda yang lebih sedikit dari tronton dan juga ban tengah juga bisa digunakan sebagai pengarah gerak truk, sehingga saat setir berbelok, ban juga bisa diputar. Namun, diperkirakan bobot truk Trintin lebih ringan dari Veltoon, hanya 10 hingga 11 ton. Terakhir, inilah truk terbesar yang memiliki empat gardan dan disebut kombinasi Trinton, Trintin dan tronton.

Trinton

Sedangkan untuk trinton memiliki konfigurasi ban  1.1, 1.1, 2.2, 2.2. Kalau ditambah ada 12 ban. Kemudian diperkirakan bobotnya 12 sampai 13 ton. Untuk truk yang bentuknya seperti truk flatbed, bobotnya lebih ringan.

https://otomania.gridoto.com/read/242338570/sudah-tahu-bedanya-truk-engkel-tronton-trintin-dan-trinton